Malam Minggu Berkualitassssss !

Ok gaesss.. gue mau nanya nih, siapa sih yang ngga pengin malem minggu bareng orang orang tersayang ? atau ke tempat tempat yang seru atau lihat konser akbar ? pasti semuanya kepengin ya gaes, dan pastinnya udah siap siap sedari sore hari bahkan sudah di rencanain dari hari sebelumnya. Tapi ada ngga di antara kalian yang dateng ke pengajian ? Kayanya di indonesia mah banyak ya, banyak yang kabuurr haha #termasukgue karena gue termasuk anak muda 😀

Di postingan kali ini gue mau berbagi pengalaman saat gue ikut pengajian rutin di komplek. Hari itu tepat dengan malem minggu yaitu malemnya #anakmuda apalagi di kota kota besar hadeuhhhh.. Gue dikabarin temen satu kontrakan mau ada pengajian di depan rumah, katanya sih pengajian tiap 2 bulan dan habis pulang kerja sekitar jam 8 malem gue langsung cabut pulang dan nyampe depan rumah udah rame dan gue ketinggalan acara pembukanya karena gue sholat isya dulu sama ganti baju, setelah itu gue langsung nimbrung dah.

( Seperti biasa) Pengajian kali ini dipimpin oleh Ustadz Nurkholis, cara penyampainya sederhana, si doi menyampaikan apa yang ada di sekitar kita yang tidak sesuai dengan ajaran islam supaya di luruskan atau di benarkan. Jadi penuturan seperti itu sebenarnya bertujuan untuk menyelesaikan masalah dari yang terkecil ke yang terbesar, bahasanya agak ke jawa jawaan gitu. Ustadz Nurkholis ini satu RT sama gue jadi gue merasa beruntung di RT gue punya ustadz jadi kalo ada acara acara kaya gini ga perlu nyari ustadz dari luar.

Penyampaian pertama dia bahas soal sholat 5 waktu, menurutnya ada hadist yang artinya sebagai berikut :

Shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar

jadi sholat itu mencegah hidup kita atau diri kita dari perbuatan keji dan munkar. Sebagai orang ynag beragama islam pasti tahu apa gunanya sholat, karena sholat selain hadist diatas adalah sholat sebagai tiang agama dan sholat adalah yang di tanyakan pertama kali oleh malaikat saat kita di hisab nanti.

Penyampaian Kedua dia berbicara perihal “menyampaikan ilmu walaupun satu ayat” karena hidup ini adalah menuntut ilmu dan menyampaikan ilmu tersebut kepada sesama.

Penyampaian selanjutnya di menyampaikan tata cara atau tata tertib atau adab melakukan sesuatu hal di dalam maupun di luar rumah yang sesuai dengan ajaran agama islam, dia beri contoh :

Masuk rumah kaki kanan dan keluar rumah menggunakan kaki kiri

Dan membaca Bismillahi tawakaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illa billah apabila hendak keluar rumah

Masuk WC mendahulukan kaki kiri dan keluar mendahulukan kaki kanan.

Penyampaian terakhir dia menyampaikan kepada para warga dan kita semua supaya mendahulukan membaca basmallah sebelum melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan dan mengakhiri dengan bacaan hamdallah setelah selesai melakukan pekerjaan ataupun kegiatan.

Dari pengajian ini gue sadar karena mulai hal terkecil pun islam sangat memperhatikan dan manusia sering lalai untuk hal hal yang di anggap sepele padahal jika dilakukan kita akan mendapat pahala insya allah. Yang sepele aja di abaikan apalagi yang inti…

Mungkin ini yang dinamakan malam minggu berkualitas, coba kalian yang malem minggu besok mau jalan bisa di cancel dulu dan bisa dateng ke majlis majlis ta’lim di masjid terdekat. Hayooo bisa di cancel acara sama pacar atau kekasihnya kaga ? Pilih mana mau nambah dosa atau ngurangin dosa ? mehehehe

Semoga ini pelajaran bagi kita semua khususnya anak muda, cemungud kaka !

Sebenernya gue gak suka nulis tapi gue selalu maksain supaya suka sama hal hal yang positif biar gue terbiasa. Akhirnya terbuatlah blog ini di tahun 2013 walaupun pada saat itu masih copy paste dan ada perombakan website total di tahun 2018 walaupun harus rela kehilangan data seo yang cukup lumayan. Heheh.

Baca juga tulisan yang lain..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *