Digg StumbleUpon LinkedIn YouTube Flickr Facebook Twitter RSS Reset

Buah Jeruk

Sejarah Buah Jeruk
Ada Apa Dengan Buah Jeruk….??

Siapa yang tidak kenal dengan Buah jeruk, Buah yang paling digemari oleh Manusia karena rasa dan kandungan vitamin yang ada di dalamnya dan juga dari sisi bentuk dan warnanya yang memikat. Buah jeruk banyak mengandung vitamin C dan vitamin A sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Sejarah Buah Jeruk yang kebanyakan orang mengenal buah jeruk dari kawasan Asia memiliki warna dan bentuk yang khas dan menarik. Pada tahun +/- 300 SM di kawasan Eropa umumnya hanya di kenal Jeruk Citroen. Jenis jeruk manis sendiri baru di kenal sekitar tahun 1.400 M. Sejarah Buah Jeruk di daratan Cina sudah telah lama di kenal dan di budidayakan jeruk manis dan jeruk mandarin  di sana.

Sejarah Buah Jeruk bagi masyarakat Cina, jeruk adalah simbol keberuntungan. Wajar jika setiap menjelang tahun baru Cina atau Imlek tiba, jeruk melimpah ruah di pasaran.Lihat saja di mall, supermarket, bahkan pasar tradisional dan pusat pusat keramaian, pohon jeruk baik yang asli maupun hanya pohon plastik tampil berderet deret sebagai hiasan, meneguhkan suasana hadirnya tahun baru Cina.

Menurut V. Frimmel biji jeruk Citroen sudah ada sejak +/- 400 SM . Sejarah Buah Jeruk di Eropa, biji jeruk ini di bawa oleh orang-orang Mesir pada zaman Fir’aun dari daerah Asia dan kepulauan di sekitarnya. Untuk jeruk jenis Sour Orange dan lemon ( nipis ) baru di kenal di Eropa sesudah Citroen. Kedua jenis jeruk ini tersebar ke seluruh Eropa Selatan pada waktu berkembangnya agama Islam dari Afrika Utara terus ke Spanyol. Jenis jeruk manis baru di kenal oleh orang Eropa sesudah jeruk manis ini lama di usahakan oleh bangsa India dan mereka jugalah yang brjasa dalm penyebarannya ke Benua Amerika.

Sejarah Buah Jeruk untuk di negara kita Indonesia tidak begitu di kenal di bandingkan dengan negara negara  atau benua di atas.Tanaman jeruk yang adda sekarang ini adalah merupakan peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Mereka mendatangkan beragam jenis jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Italia.
Demikian sekilas tentang Sejarah Buat Jeruk.

No comments yet.

Leave a Comment