Asyiknya Jadi Anak TKJ

Dewasa ini perkembangan teknologi khususnya dibidang komputer sangatlah cepat dan jika kita tidak meningkatkan wawasan maka kita akan tertinggal. Senengnya gue ini yang lahir dewasa dari sekolah teknik komputer dan jaringan, dulu gak terlalu vital untuk ilmu komputer di semua bidang usaha namun untuk saat ini atau 6 tahun setelah gue lulus SMK perubahan begitu terasa. Dulu gue gak perlu harus punya komputer buat sekolah di jurusan TKJ dan mungkin kabar baik buat gue yang berasal dari keluarga yang cukup. Namun, di masa sekarang siswa siswi lebih diwajibkan mempunyai komputer karena semua sistem pelajaran sudah di integrasikan kedalam website atau aplikasi buatan. Dan dalam dunia industri saat ini para calon karyawan atau para pencari kerja harus punya skill di bidang komputer minimal Microsoft Office.
Sedikit cerita, awalnya gue suka sama komputer adalah waktu SMP walaupun banyak yang lupa tapi satu hal yang paling gue inget waktu bikin akun facebook di tahun 2009 berarti hampir 1 dekade gue jadi anak sosial media wkwk. Setelah gue lulus dari SMP gue gak pikir panjang buat sekolah di jurusan komputer dan pada akhirnya gue jadi siswa TKJ di salah satu sekolah swasta di sekitar tempat gue tinggal. Walaupun bukan jurusan favorit tapi setidaknya angkatan gue udah banyak yang daftar dan lagi gue bisa sekelas sama cewe cewe setidaknya gue gak liat batang tiap hari wkwk. Sebagai bonus ketika gue dapet kelas ternyata yang perempuan lebih banyak dari laki sekitar 60:40.Skippp..

Suatu hari gue berfikir kalo jurusan otomotif lah yang bakal sukses karena memang masa depan yang menjanjikan dan setelah lulus bisa langsung mendaftar di pabrik pabrik otomotif terkemuka dunia yang ada di negeri ini. Dari jaman dulu jurusan otomotif selalu jadi primadona bagi setiap calon siswa khususnya laki laki, mungkin karena demi gengsi ataupun masa depan. Tapi setelah gue lulus, gue bisa merasakan dampak dari teknologi di era modern seperti saat ini dan alhamdulillah gue dapet pekerjaan sesuai jurusan gue di sekolah.

Gak punya komputer..

Ketika Kegiatan belajar mengajar atau sering di sebut KBM dimulai gue antusias banget, biasalah siswa baru jadi semangatnya masih menggebu gebu. Semangat yang menggebu gebu itu gak diiringi perlengkapan yang memadai, jadi gue gak punya komputer/laptop selama gue sekolah di TKJ dan sampai luluspun gue belum pernah punya. Heheh.. Gue cuma bermodalkan niat sekolah dan seneng komputer aja tapi tetep gak mengurangi semangat gue buat sekolah. Ditambah temen temen juga banyak yg senasib jadi dibawa seneng aja sihh.

Saat waktu prakerin ( Praktek Kerja Industri ) atau sering kita sebut PKL tiba gue udah rencanain ambil lokasi PKL yang deket deket aja supaya kalo ada apa apa jadi gampang. Akhirnya gue dapet tempat PKL disalah satu tempat service printer. Menurut gue pengalaman yang gue dapetin di tempat PKL ini lebih banyak. Tapi faktanya walaupun tempat service printer gue belum pernah nyoba service printer dan gak pernah diajari caranya service, lucunya gue lebih sering cuci piring wkwkwk.

Ngerjain laporan PKL..

Tiba saatnya ngumpulin laporan selama prakerin/pkl, setiap siswa dan siswi wajib membuat laporan dalam bentuk print out dengan ukuran kertas A4 dengan cover jilid setelah selesai prakerin. Kemudian laporan tersebut digunakan untuk presentasi hasil prakerin. Jadi kalo ada siswa siswi yang gak ngumpulin laporan, dia harus ngulang lagi atau bahkan gak naik kelas..duh duh… Alhamdulillah gue ngerjain tepat waktu karena ditempat gue pkl ada printer jadi gue sekalian numpang ngerjain laporan sekalian print out kekekeke.. Setelah gue selesai bikin sama ngumpulin laporan gue bisa santai santai di sekolah sambil ngerjain tugas lain..

Suatu hari gue nongkrong sama jurusan lain karena emang gue gampang bergaul jadi setiap kelas pasti ada yang kenal sama gue. Tiba tiba temen gue nanya kira kira gini, “Ehh lii, lu udah ngerjain laporan?” gue jawab “udah bro.. emang kenapa ? lu udah ?” dia nyaut lagi “gue belum ngerjain, lu tkj kan ? Bikinin gue laporan dong..“.. sesaat gue mikir, gue mau jawab kalo gue gak punya komputer tapi rasanya kaya sayang aja kalo gak gue manfaatin jadi duit.. Akhirnya gue iyain aja tawaran dari temen gue itu.. “Yaudah bro, tapi ada biaya kertas sama print brooo.. gimana ?” dan gak lama dari obrolan gue sama dia temen yang lain nyeletuk, “eh gue juga dong” , “gue jugaaa liiii“.. akhirnya gue iyain semua. Dan pulang dari sekolah¬† karena gue gak punya komputer, gue langsung kerumah temen buat ngerjain laporan dari temen temen gue itu dan selesai tepat waktu.
Pada akhirnya laporan selesai gue kasih ke mereka dan alhamdulillahnya gue dapet rejeki dari laporan itu.. senangnya.. dan kemudian kelas yang lain pada ikutan bikin ke gue.. ada juga yang bayar seikhlasnya ada juga yang sampe sekarang belum bayar tapi gak papa lah.., tapi kalo dia mau bayar hari ini juga gue gak nolak wkwkwkwk. piss.. Sebagai bocoran, modal gue bikin laporan total sekitar Rp40,000 dan gue minta ke temen temen gue Rp60,000 gue ngasih sebagian juga buat temen gue yang udah minjemin komputer.. lumayan buat jajan hehe..skipp..

Dan akhirnya gue lulus dari SMK, setelah semua proses ujian selama 3 tahun di sekolah ini selesai, gue udah mulai menatap masa depan. Karena kelulusan ini bukan akhir dari perjuangan meraih masa depan tapi ini awal untuk melakukan perubahan di hidup yang sebenarnya dan pada akhirnya apa yang kita semogakan selama 3 tahun menjadi kenyataan, yaitu lulus Sekolah ! Alhamdulillah ya Allah..

 

Sebenernya gue gak suka nulis tapi gue selalu maksain supaya suka sama hal hal yang positif biar gue terbiasa. Akhirnya terbuatlah blog ini di tahun 2013 walaupun pada saat itu masih copy paste dan ada perombakan website total di tahun 2018 walaupun harus rela kehilangan data seo yang cukup lumayan. Heheh.

Baca juga tulisan yang lain..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.