Digg StumbleUpon LinkedIn YouTube Flickr Facebook Twitter RSS Reset

7 Cara Bisa Tetap Olahraga Meski Tak Punya Waktu

olah raga jigollLiputan6.com, New York Olahraga berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi, untuk memulainya bukan hal yang mudah. Seringnya orang beralasan tak punya waktu atau tak menyukainya. Pelatih Olahraga Anna Papij menjelaskan, sebenarnya Anda bisa tetap berolahraga meski tak punya waktu.

Olahraga bagi setiap orang berbeda-beda. Apabila Anda berpikir olahraga itu satu jam sehari, lima hari dalam seminggu, dan Anda bekerja 40-60 jam per minggu dengan keluarga dan tugas sosial, maka Anda tak punya waktu untuk melakukan latihan.

Menurut Papij, apabila pola pikir Anda mengatakan bahwa olahraga hanyalah sebuah usaha yang disengaja dengan gerak lebih keras dari biasanya, maka Anda tak peduli seberapa sibuknya, Anda pasti memiliki waktu untuk berolahraga.

Berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan ketika tak punya wkatu untuk berolahraga seperti dilansir LifeHack, Rabu (23/4/2014):

1. Bangun 20 menit lebih awal

Atur alarm Anda dan lakukan olahraga semampu Anda. Lakukan pemanasan selama tiga menit dengan jalan cepat. Kemudian lari sprint selama 20 detik, setelah itu istirahat selama dua menit. Ulangi sprint dari lima sampai delapan kali.

Sesi ini tak membutuhkan waktu yang lama. Ini akan menyemangati Anda dan energi Anda di pagi hari, serta cara yang bagus untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme Anda.

2. Ketika masak air

Anda memiliki satu atau dua menit untuk melakukan push up dan beberapa squat. Apakah itu 10 push up dilanjutkan 10 squat, ulangi ini sebanyak mungkin ketika sedang memasak air untuk secangkir kopi. Cobalah cek berapa banyak putaran yang Anda lakukan dan tingkatkan setiap pagi.

3. Komuter untuk bekerja

Berjalan, berlari, dan bersepeda ke tempat kerja menjadi sempurna. Tapi, tak semua orang mampu melakukannya. Apakah Anda sedang mengemudi atau menunggu transportasi umum, sekarang adalah saatnya untuk melakukan pekerjaan untuk otot perut Anda. Jangan kawatir, Anda tak perlu menerobos gerbong kereta.

Pada saat Anda duduk, jepit perut sekeras yang Anda lakukan selama 10 detik. Anda bisa membuat otot menjadi sangat kuat. Lakukan ini 5-10 kali.

4. Meeting berjalan

Apabila Anda ada pertemuan di tempat kerja, cobalah perkenalkan meeting berjalan. Ini cara yang bagus untuk menghirup udara segar sambil berbicara dan bisa lebih produktif.

5. Meeting berdiri

Pertemuan berdiri bukannya duduk juga meningkatkan produktivitas. Meskipun berdiri tanpa olahraga akan lebih baik dibanding duduk. Jika memungkinkan, Anda bisa berlatih dengan perut Anda.

6. Olahraga di jam makan siang

Makan siang adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Jika ada gym di dekat kantor, ini waktu yang tepat untuk ngegym. Anda akan merasa sangat segar dan lebih fokus setelah latihan sehingga Anda akan bekerja lebih baik di sore hari.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa melihat program kesehatan di tempat kerja. Memiliki pelatih pribadi datang ke gedung dan menjalankan sesi latihan pada waktu makan siang bisa meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan.

Latihan yang berkualitas itu hanya membutuhkan 20-30 menit dan setelah itu Anda makan siang. Apabila tidak, Anda bisa makan di meja Anda.

7. Makan masak malam

Sebagian besar makanan memerlukan waktu 15-30 menit untuk memasak. Daripada Anda hanya menunggu masakan matang di dalam oven atau di atas kompor, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas bukan hanya melihat panci mendidih.

Selama waktu itu Anda bisa melakukan latihan seperti melompat-lompat, berjalan di tempat, latihan berat badan atau mengayunkan kettlebell.

Pilihlah dua atau tiga gerakan yang intens dan bergantian. Sebuah format yang baik adalah 30 detik latihan dilanjutkan 30 detik istirahat. Ulangi ini 10-15 kali. Setelah Anda selesai, makan malam akan siap!

No comments yet.

Leave a Comment